Berikut ini Pengertian,Manfaat,Dampak Dan Kecepatan Jaringan 5G Serta Kapan Diterapkan di Indonesia

Maskhoirul.com- Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jaringan 5G.


Pengertian Jaringan 5G

Jaringan 5G adalah konektivitas internet seluler generasi kelima yang menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan data yang jauh lebih cepat, jangkauan yang lebih luas dan koneksi yang lebih stabil.

Jaringan ini memanfaatkan spektrum radio dengan lebih baik dan memungkinkan lebih banyak perangkat untuk dapat mengakses internet seluler pada saat yang bersamaan.

Teknologi internet 5G adalah generasi terbaru dari jaringan internet, yang menjanjikan kecepatan unduhan 10 hingga 20 kali lebih cepat daripada kecepatan internet yang tersedia sekarang dan kemungkinan akan diluncurkan pada awal tahun depan di beberapa negara.

Manfaat Jaringan 5G

Berikut ini merupakan manfaat jaringan 5G ialah sebagai berikut ini :
  • Proses belajar mengajar akan lebih mudah 
  • Pengobatan akan menjadi lebih mudah dan hemat 
  • Monitoring akan lebih mudah 
  • Memungkinkan untuk mengurangi tingkat kejahatan.
  • Memvisualisasikan alam semesta, galaksi, dan planet-planet akan menjadi mungkin.
  • Memungkinkan untuk menemukan dan mencari orang yang hilang.
  • Memungkinkan mendeteksi bencana alam termasuk tsunami, gempa bumi dan lain-lain lebih cepat.
Ada Manfaat ada juga Dampak Jaringan 5G
  • Kecepatan yang dijanjikan teknologi terasa sulit untuk dicapai karena masih kurangnya dukungan teknologi di sebagian besar belahan dunia.
  • Banyak dari perangkat lama tidak akan kompeten untuk 5G, karena semuanya perlu diganti dengan yang baru
  • Mengembangkan infrastruktur membutuhkan biaya tinggi.
Kecepatan Jaringan 5G

Menurut Situs CNBC Jaringan seluler 4G tercepat saat ini menawarkan rata-rata sekitar 45Mbps (megabit per detik), meskipun industri ini masih berharap dapat mencapai 1Gbps (gigabit per detik = 1.000Mbps).

Pembuat chip Qualcomm menganggap 5G dapat mencapai kecepatan penelusuran dan unduhan sekitar 10 hingga 20 kali lebih cepat dalam kondisi dunia nyata. Namun pernyataan itu bertolak belakang dengan hasil penelitian saat ini.

Dengan 5G, pengguna kemungkinan bisa mengunduh film definisi tinggi dalam waktu satu menit atau lebih saja.

Ada juga jenis jaringan Standalone 5G yang diperkirakan akan memiliki frekuensi yang sangat tinggi yaitu 30GHz, namun sayangnya jaringan ini dipastikan belum akan tersedia dalam beberapa tahun ini.

Kapan Indonesia Menerapkan Jaringan 5G?

Tahun 2020 kenapa tahun itu?? karena merupakan jangka waktu yang ideal bagi Indonesia untuk menerapkan teknologi 5G. Sebab, mulai saat ini, masyarakat, pelaku industri dan juga pemerintah diberi  waktu untuk mempelajari teknologi 5G, bisnis model, menata regulasi, serta melakukan edukasi kepada masyarakat tentang menfaat teknologi 5G. “Walaupun saat ini kita masih di generasi keempat (4G), tetapi generasi kelima (5G) akan dimanfaatkan dalam waktu dekat. Kita jangan tunggu teknologi ini sudah mau dikomersil baru kita beli. Berarti kita akan terlambat dan kita tidak bisa mengambil peran yang signifikan,” kata Kristiono. Menurut Kristiono, operator di Indonesia harus berperan dari awal, dan secara serius mengikuti perkembangan dan langsung terlibat di dalamnya. “Kita harus memikirkan secara lebih luas. Regulasinya bagaimana? Bisnis modelnya bagaimana? Jangan hanya sebagai konsumen teknologi, apalagi hanya sebagai importir teknologi,” tutur mantan dirut PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) ini. Kristiono mengugkapkan, langkah konkret yang harus dipersiapkan dalam jangka waktu lima tahun ke depan adalah, pemerintah harus membentuk forum yang bersifat tetap. Forum itu terdiri atas pemerintah, pelaku industri, masyarakat dan juga para akademisi. Tujuannya, mempelajari, melakukan riset, serta melakukan benchmark dengan negara lain, untuk menemukan bisnis model yang tepat terkait dengan teknologi 5G ini. “Saya pikir tahun 2020 itu waktu yang tepat buat kita untuk mulai mengadospi teknologi 5G. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan mulai dari sekarang. Kita bekerja sama mulai dari pemerintah, pelaku industri dan juga masyarakat sendiri,” ungkap Kristiono.

Demikian Berikut ini Pengertian,Manfaat,Dampak Dan Kecepatan Jaringan 5G Serta Kapan Diterapkan di Indonesia

>>Semoga Bermanfaat<<

0 Response to "Berikut ini Pengertian,Manfaat,Dampak Dan Kecepatan Jaringan 5G Serta Kapan Diterapkan di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel